Saturday 10 May 2014

Peluang Bisnis Kelinci di Indonesia



Banyak di antara kita yang hanya memelihara kelinci untuk hobi dan kesenangan saja. Karena lucu, ingin punya binatang peliharaan, namun ada juga yang mengembangkannya menjadi bisnis. “Dari hobi bisa jadi uang”. Kelinci memiliki paangsa yang sangat luas, mulai dari anak kecil sampai kakek atau nenek-nenek. Hal ini disebabkan karena kelinci lucu dan jinak, bahkan bisa untuk terapi bagi penyakit tertentu.

Di Indonesia peminat kelinci juga sangat luas dari sabang sampai merauke, walaupun pusatnya terkenal di daerah Bandung, namun di daerah  sumatra, kalimantan pun juga banyak, hal ini bisa dilihat dari paket-paket pengiriman kelinci menuju daerah-daerah tersebut.

Selain kelucuannya (kelinci hias), banyak hal lain yang bisa menjadikan kelinci ini sebagai peluang usaha. Yang paling sering dimanfaatkan adalah dagingnya. Dagingnya bisa dijadikan bahan makan seperti sate, siomay, bakso, abon, dll. Bulunya dapat dimanfaatkan untuk bahan pakaian, syal, tas, dompet, dll. Urin dan kotorannya juga dapat dimanfaatkan untuk pupuk.

Harga sate 1 porsi biasanya dijual mulai harga 15.000, pupuk urin kelinci 1 liternya bisa mencapai 25.000 bahkan lebih. Tas, baju, dompet pastinya bisa mencapai harga ratusan ribu bahkan jutaan. Selain itu bagi yang tertarik berbisnis kelinci hias juga mampu memperoleh keuntungan yang cukup besar. Kelinci hias dewasa biasanya dibandrol mulai harga 250.000-800.000 per ekornya dan untuk jenis kelinci tertentu seperti holland bisa mencapai harga jutaan rupiah per ekornya.


Banyak dari pelaku bisnis di bidang ini yang sukses meraih keuntungan besar. Semua itu bisa dilakukan dalam satu kesatuan yang terintegrasi. Dengan sistem yang baik akan menghasilkan keuntungan yang maksimal. Tentu saja butuh proses yang tidak instan untuk memulai bisnis ini, karena pelaku bisnis harus mengetahui seluk beluk dari kelinci itu sendiri.

1 comment:

  1. memang sangat menggiurkan, tapi hal ini ada harga yang harus dibayar. ketelatenan dan pantang menyerah dalam belajar mengenali kelinci menjadi kuncinya.
    ======================
    pakan kelinci yang baik

    ReplyDelete