Wednesday 16 April 2014

Kelinci Paskah

Salam Kelinci - Salah satu icon dari perayaan Paskah yang dirayakan oleh umat Kristiani adalah kelinci. Kelinci ini sering disebut sebagai kelinci paskah. Kelinci Paskah juga sering dikenali sebagai makhluk fiktif yang digambarkan sebagai seekor kelinci antropomorfis (yang memiliki karakter seperti manusia).


Awal cerita, ketika menjelang Paskah tiba, kelinci paskah membawa keranjang yang penuh berisi telur yang bewarna-warni ke rumah anak-anak pada malam paskah secara diam-diam. Kelinci paskah ini menaruh telur tersebut di suatu tempat atau menyembunyikannya di dalam rumah anak-anak. Keesokan paginya para anak mencarinya.

Dua Alasan
Ada dua alasan kenapa kelinci dijadikan sebagai icon dalam perayaan ini. Pertama, kelinci dikenal sebagai hewan yang dapat melahirkan banyak anak. Dan pada zaman kuno, secara luas orang-orang percaya bahwa kelinci adalah hewan hermafrodit, yaitu hewan yang memiliki alat reproduksi ganda yaitu jantan dan betina, sehingga ia tidak melahirkan keturunan melalui hubungan dengan hewan lainnya yang sejenis. Hal ini kemudian dihubungkan dengan ajaran Kristiani mengenai Perawan Maria yang mengandung dan melahirkan Yesus Kristus tanpa behubungan tubuh dengan pria.


Dan yang kedua, kelinci secara alami melahirkan kehidupan baru yaitu melahirkan anda-anaknya di lubang-lubang seperti gua, juga memiliki kemiripan yang sama dengan kisah Paskah saat Yesus bangkit kembali dari kematiannya, seperti lahir kembali setelah ia disalib dan tubuhnya dikubur di dalam gua.

Itulah kisah dari kelinci yang dijadikan icon dalam perayaan paskah yang akan dirayakan oleh umat Kristiani.  Untuk itu mari kita sayangi dan pelihara kelinci-kelinci kita dengan baik. Salam kelinci.

No comments:

Post a Comment