Saturday 14 September 2013

Miliki 5.000 Ekor Kelinci, Kantongi Rp2 Jt Per Bulan


“Setiap peternak yang memelihara 5.000 ekor kelinci akan memiliki pendapatan seperti pegawai, yaitu 2 juta per bulan. "Seperti di Jember, saat ini peternak sementara hanya memiliki kandang dengan kapasitas 300 ekor, dan itu akan ditingkatkan antara 3.000 sampai 5.000 ekor,” ungkap Menteri BUMN Dahlan Iskan di Jakarta, baru-baru ini.

Dahlan menyatakan, kerjasama antara BUMN dengan masyarakat secara langsung, yang dalam hal ini beberapa di antaranya dijembatani oleh civil society, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian   masyarakat pedesaan.

Dahlan mengatakan, kerjasama Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdatul Ulama (LPPNU) dengan pihaknya akan dijalankan oleh PT BUMN Lestari Hijau. Kerjasama ini bukan yang pertama kali, karena sejumlah BUMN lain sudah melaksanakannya di berbagai lokasi.

"Seperti yang baru saja saya tinjau di Bogor, yaitu pengembangkiakan kelinci. Di Jember pengembangbiakan kelinci juga sudah ada, sementara di Madura nanti yang dikembangbiakkan adalah sapi," kata Dahlan.

Sementara Direktur Utama PT BUMN Lestari Hijau Ali Rahman, mengatakan salah satu gagasannya adalah memberikan hak kelola kawasan hutan kepada dai dan daiyah, yang sebelumnya sudah diberangkatkan ke daerah tertinggal.

"Harapannya para dai dan daiyah itu tidak hanya melaksanakan tugas syiar agama, tapi juga memiliki pendapatan tetap atas pengabdiannya," pungkasnya.

5 comments:

  1. Jangan-jangan ada yang salah dalam artikel ini. Terlebih bila diniatkan sebagai kampanye budidaya kelinci - baik sebagai alternatif pekerjaan maupun pemenuhan kebutuhan protein hewani masyarakat. Memelihara 5.000 ekor kelinci bukan hal yang mudah sekaligus murah. Butuh biaya besar untuk pakan, kandang, dan tenaga. Penghasilan Rp 2 juta per bulan, rasanya tak sebanding dengan semua itu. Menjadi pegawai/buruh jauh lebih menguntungkan daripada ini. Tak ada resiko.

    ReplyDelete
  2. Permisi, saya mau tanya, dimana alamat peternak kelinci yang telah disebutkan di atas? Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  3. Artikel atau berita ini sebenarnya kami kutip (copy paste) dari berita okezone, karena dirasa akan menarik sebagai bahan diskusi. persis di bawah artikel jika bacanya sudah selesai kami cantumkan sumbernya lengkap dengan URLnya sesuai kaidah bahasa indonesia.

    ReplyDelete
  4. rugi tenaga, waktu, dan biaya, masak kelinci 5000 ekor pendapatan hanya 2 juta.

    ReplyDelete
  5. lebih baik memelihara kelinci hias pak. nggak usah punya 5000 ekor. punya 500 ekor aja sudah menghasilkan banget.
    ilustrasi --> taroh lah dalam sebulan kita dapat menjual 40 ekor kelinci dari 500 ekor yg kita punya dengan harga 70rb/ek (harga standar murah) = rp 2,8 juta.
    itu harga standar. walaupun harus dipotong biaya pakan dan perawatan sebulan kemudian sih, tapikan nggak sampe 1 juta/bln nya. nah bagaimana kalau kita dapat menjual dengan harga diatas itu, bayangkan aja penghasilan kita perblannhya pak. hehehehe kepengen sih.

    ReplyDelete